Belajar Negosiasi Bisnis Dengan Tekhnik Jitu

Post On: 6 July 2018
By:
July 6, 2018

Belajar negosiasi bisnis sangatlah diperlukan bagi para entrepreneur. Pasalnya, di dunia bisnis memerlukan berbagai komunikasi kerjasama maupun proses tawar menawar dengan berbagai pihak. Melalui strategi negosiasi yang dimiliki oleh seorang pengusaha akan mempermudah jalinan permitraan. Negosiasi diperlukan dalam dunia bisnis untuk menentukan sebuah kesepakatan atar kolega. Sehingga, dapat mencapai suatu goal yang diharapkan.

Secara garis besar negosiasi bisnis adalah pertemuan antara dua orang atau lebih untuk melakukan tawar menawar kerjasama, bertujuan untuk mencapai suatu perjanjian. Nah, agar lobbying yang Anda lakukan tepat sasaran dan sesuai hasil tentu diperlukan sebuah teknik-teknik yang efektif. Oleh karena itu, mari belajar negosiasi bisnis beserta strategi menaklukkannya. So, terdapat beberapa tekhnik jitu dalam bernegosiasi di bawah ini:

  1. Data yang Logis dan Tepat
    Pastikan materi yang telah Anda buat untuk presentasi nantinya, memiliki data logis dan realistis. Mengenai berbagai tujuan yang diharapkan dalam kerjasama. Problem yang sedang dialami. Besaran perhitungan dana secara singkron dan tepat. Serta berbagai keuntungan yang dijamin jika bekerjasama dengan bisnis Anda. Buatlah materi secara matang, jangan lupa memeriksanya kembali. Sebelum terlambat, Anda sudah sampai lokasi meeting tentang negosiasi yang akan dilakukan.
  2. Penampilan yang Rapi dan Profesional
    Saat akan menemui calon mitra, berpenampilan secara rapi dan professional dapat menunjang tujuan Anda. Agar mereka merasa yakin dengan Anda. Menunjukkan keseriusan dalam melakukan pertemuan. Disisi lain, juga dapat menggambarkan bahwa Anda menghargai calon kolega.
  3. Penyampaian Menyakinkan
    Presentasikan semua materi dengan meyakinkan. Kuasailah teknik public speaking dan ber-retorika. Agar calon mitra Anda takjub dengan pembicaraan yang disampaikan. Tunjukkan kemampuan komunikasi secara baik di depan calon kolega Anda. Jika ada suatu pertanyaan yang diajukan, jawablah secara mantap. Berdasarkan logika matang, analisa kuat, dan data realita. Ungkapkan ide-ide berlian tentang projek bisnis ke depan dengan inovatif dan berbagai strategi jitu yang meyakinkan.
  4. Memilih Win-Win Strategy
    Dalam dunia bisnis terdapat berbagai jenis strategi bernegosiasi. Lebih direkomendasikan, Anda memilih win-win strategy yakni strategi menang-mengang. Anda mewujudkan ruang strategi yang berkesan, bertujuan supaya ke dua belah pihak saling menguntungkan. Tidak ada yang dirugikan. Hal ini akan membuat calon mitra lebih tertarik untuk bekerjasama dengan Anda. Selain itu, strategi ini mencitrakan bahwa Anda seorang pengusaha yang humanistik. Tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi dan golongan namun juga memberikan pengaruh kemanfaatan bagi orang lain.
  5. Bersikap Tenang, Berwibawa, dan ramah
    Saat Anda hadir di ruang meeting, bersikaplah sebagai pengusaha yang memiliki jiwa ketokohan. Tenang tanpa gugup dengan pola tubuh yang tegap. Tunjukkan kewibawaan Anda baik secara berkomunikasi maupun tata cara duduk dan berjalan. Jangan lupa bersikap ramah agar orang tertarik bernegosiasi dengan Anda. Dengan memadukan ketiga sikap ini, Anda akan menawarkan kerjasama dengan menarik dan tetap dihormati.
  6. Tunjukkan Keuntungan Bekerjasama dengan Bisnis Anda
    Arahkan lawan negosiasi untuk berfikir tentang berbagai keunggulan bekerjasama dengan bisnis Anda. Tunjukkan inovasi bisnis dan peluang luas usaha Anda diterima pasar.

Nah, demikian pembahasan tentang Belajar negosiasi bisnis. Dengan tekhnik bernegosiasi secara jitu ini, diharapkan Anda dapat mencapai kesepakatan kerjasama. So, bisnis Anda akan cepat maju dan berkembang. Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat.

Comments

comments

Tags: , , , , ,

Related to Belajar Negosiasi Bisnis Dengan Tekhnik Jitu