Berdasarkan Survey dan Usungan Partai, Siapa Calon Gubernur Jawa Timur 2018?

Post On: 19 November 2017
By:
In: News
November 19, 2017

Siapa calon gubernur Jawa Timur 2018? Apakah sama dengan yang dulu? Iya benar. Calon gubernur di tahun depan juga masih sama seperti 2013 kemarin. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa sebagai rival dalam pemilihan calon gubernur 2018.

Ketua umum PDIP, Megawati Soekarnoputri mendukung Saefullah Yusuf dan Azwar Anas untuk maju sebagai calon gubernur Jatim tahun 2018. Sebelumnya telah dirundingkan dengan sejumlah kepala daerah dalam acara undangan khusus di kediamannya, jalan Teuku Umar Jakarta. Diantara nama-nama yang ada yaitu saefullah Yusuf, Khofifah Indar Parawansa dan juga Tri Rismaharini.

Sedangkan partai Demokrat mengungkapkan tidak akan mendukung Gus Ipul untuk maju dalam penentuan bakal gubernur jawa timur ke 2018 mendatang. Renville Antonio pimpinan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat wilayah Jatim menyatakan alasannya tidak mendukung karena saat ini Gus Ipul menjabat sebagai wakil gubernur Jawa Timur.

Ia juga menjelaskan, sebagai pemenang pemilu nomor 4 di Jawa Timur dengan 13 kursi DPRD, Demokrat bisa menempatkan kadernya pada posisi Jatim Dua. Selain itu harus memiliki penawaran menarik dari calon gubernur yang diusung, karena memiliki kursi cukup banyak. Setengah dari syarat pencalonan di KPU.

Dalam diskusi politik bincang pilihan calon gubernur Jawa Timur 2018. Bertepatan acara Rangka Launching Konferwil ISNU Jatim IV Surabaya pada Senin 16 Oktober 2017 lalu, Renville pun mengemukakan:

  1. Wakil gubernur harus mempresentasikan Demokrat
  2. Demokrat menambah 7 kursi dari partai koalisi untuk mendaftarkan calon resmi di Komisi Pemilihan Umum.
  3. Gus Ipul-Anas bukan representasi Demokrat. Karena dua periode berturut-turut Demokrat menempatkan calonnya di ujung pimpinan pemerintahan provinsi Jawa Timur. Seperti Soekarwo yang menjabat dua kali berturut-turut.
  4. Demokrat mengkhususkan komunikasi dengan calon yang lain, seperti Khofifah Indar Parawansa.
  5. Keputusan akhir berada pada Majelis Tinggi Partai.

Pusat Kajian Opini Publik pun mengukur pendapat warga Jatim tentang siapa calon gubernur Jawa Timur 2018 nantinya. Menjelang Pemilu Gubernur Jatim dari berbagai media social dan massa, diketahui ada 4 bakal calon gubernur yang ramai diberitakan. Saefullah Yusuf-Azwar Anas diusung PDI-P dan PKB, Khofifah Indar Parawansa yang sudah didukung Golkar dan Nasdem, Ketua Kadin Jawa Timur La Nyalla Matili, dan Tri Rismaharini.

Survey tersebut dilakukan dengan berbagai pendapat secara kuisioner dan pertanyaan melalui telepon dari 1.142 warga Jawa Timur. Tentunya dipilih secara acak dan sesuai berdasarkan jumlah DPT Pilpes 2014 di Jatim memakai metode Multisatge Random sampling. Bisa dipercaya 95% dengan margin of error sekitae 2,9%.

Survey tersebut dilaksanakan pada 16-27 Oktober 2017 di Sembilan kota dan 29 kabupaten di Jawa timur. Menghasilkan survey:

  1. La Nyalla 87,4%
  2. Saefullah Yusuf 86,9%
  3. Khofifah Indar Parawansa 85,8%
  4. Tri Rismaharini 85,2%

Survey tersebut diambil dari warga dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Yaitu dari muslim maupun nonmuslim, pegawai negeri ataupun swasta, petani, buruh dan lain-lain. Ini hanya survey dari sebagian warga Jawa Timur, belum mencakup keseluruhan. Perkiraan survey diatas tidak sama dengan hasil pemilu di tahun 2018 nanti yang melibatkan seluruh rakyat Jawa Timur untuk melakukan hak pilihnya.

Jadi manakah yang menjadi jagoanmu untuk menjadi Calon Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang? Siapkan diri dan pilih dari pikiran dan hati. Bukan dari amplop yang kadang ada member.

Comments

comments

Tags: , , , , , ,

Related to Berdasarkan Survey dan Usungan Partai, Siapa Calon Gubernur Jawa Timur 2018?