Pentingnya Digitalisasi Dunia Pendidikan Demi Menopang Kemajuan Negeri

Post On: 6 October 2017
By:
October 6, 2017

Kehidupan semakin ke depan menuju arah kecanggihannya. Era globalisasi yang semakin pesat terus mengajak manusia ke dalam dunia penuh kemajuan. Nilai majunya suatu kalayak salah satu faktor penting yang menopang yakni teknologi dan pendidikan. Pasalnya, dua hal inilah yang mampu menyuarakan segala macam kepentingan suatu Negara. Ekonomi, politik, sosial maupun budaya akan sangat terbantu jika kedua hal tersebut mampu digalakkan secara efektif. Nah, digitalisasi dunia pendidikan sebagai wujud pemersatuan antara pendidikan dengan IT. Kesatuan inilah yang akan semakin memperkokoh gerakan pendidikan yang efektif melalui sarana teknologi.

Jika dalam bisnis digital dikenal dengan sebutan e-commerce, begitupun digitalisasi pendidikan juga memiliki sebutannya sebagai e-education atau e-pendidikan. E-education merupakan terobosan baru dalam mengelola suatu pendidikan kontemporer di era post modern ini. Lain halnya dengan wajah edukasi tradisional tanpa ikut campur dunia online, e-pendidikan justru sangat memanfaatkan jaringan internet dalam prosesnya. Bila pendidikan klasik hanya mampu terjangkau oleh sebagaian orang ilmunya, sedangkan e-edukasi tentu lebih mampu menjangkau banyak orang bahkan hingga di seluruh dunia.

Adanya digitalisasi dunia pendidikan diharapkan mampu mencetak generasi baru yang menelurkan karya keilmuwannya terbaik dan dapat diekspos oleh seluruh pihak. Mengenalkan produk hasil keilmuwan di seluruh dunia. Sehingga suatu negara mampu menunjukkan kredibilitasnya. Selain itu, peserta didik yang mengikuti perkembangan zaman pun akan dicetak dalam metode ini. Hasil karyanya juga bisa dinikmati oleh seluruh jangkauan.

Konsep digitalisasi pendidikan akan mempermudah dalam proses pembelajaran di dalam kelas karena terbantu dengan IT. Pola-pola teknik mengajar akan lebih bervarian dan kreatif. Harapannya belajar tidak lagi menjadi suatu hal yang monoton dan terbatas. Contohnya, pembelajaran bisa mempresentasikan peragaan yang diposting di youtube. Atau, saat guru tidak hadir Ia bisa menggunakan web untuk meminta muridnya memosting hasil tugas sekolah.

Nah, kesadaran pentingnya digitalisasi dunia pendidikan kini digalakkan pula oleh pemerintah Indonesia. Pihak Jokowi-JK telah melakukan diplomasi kerjasama terkait pendidikan digital dengan Negara Rusia. Merujuk pada berita Sindownews.com, kamis 7 september 2017 memaparkan bahwasannya Indonesia bersama Rusia akan saling bersama-sama membangun e-pendidikan.

Dalam kerjasamanya ini Indonesia diwakili oleh Universitas Pertahanan (Unhan) Laksda TNI Amarulla Octavian. Acara bernamakan “Eastern Economic Forum 2017” dilangsungkan pada 4 hingga 7 September 2017 sebagai pertemuan Russia-ASEAN University.

Forum terselenggarakan oleh Moscow State Institute of International Relations (MGIMO University) dengan Far Eastern Federal University (FEFU). Pihak yang hadir ialah para rektor, dekan, diplomat, pakar, peneliti dan pengamat dari Rusia dan perwakilan 25 negara lainnya. Menurut Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) Laksda TNI Amarulla Octavian mengungkapkan bahwa forum ini bertujuan meningkatkan kerjasama di dalam sektor pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya antara Rusia dengan kesepuluan Negara ASEAN lainnya.

Amarulla Octavian menegaskan tentang peluang kerjasama Indonesia-Rusia di bidang pendidikan akan terfokuskan dengan judul “Indonesia and Russia: Mutual Education Cooperation”. Difokuskan dalam memenuhi peningkatan rate of social return. Pertukaran dosen untuk pendidikan, penelitian bersama, dan optimalisasi peran aktif universitas kedua Negara ini. Selain itu, kerjasama ini akan meningkatkan penerapan digitalisasi pendidikan melalui teknologi Rusia sehingga mampu menjangkau seluruh wilayah meski yang terpencil sekaligus. Unhan pun menuturkan, digitalisasi dunia pendidikan menjadikan sarana penting bagi penyelenggaraan sosialisasi Bela Negara.

Comments

comments

Tags: , , , ,

Related to Pentingnya Digitalisasi Dunia Pendidikan Demi Menopang Kemajuan Negeri