Tips Ampuh Cara Menjalin Hubungan dengan Mitra Bisnis

Post On: 26 September 2017
By:
September 26, 2017

Keberhasilan sebuah bisnis tidak hanya bergantung pada satu pihak saja, apalagi jika menjalankan bisnis dimana terdapat mitra kerja. Mitra dalam sebuah usaha sudah seperti bagian diri Anda sendiri, yang harus diperhatikan dan tidak dipandang sebelah mata. Agar tujuan usaha dapat tercapai sesuai rencana, terdapat beberapa cara menjalin hubungan dengan Mitra bisnis yang harus diketahui oleh Pelaku bisnis.

Tidak sedikit orang yang gagal dalam berbisnis karena tidak dapat menjalin hubungan yang baik dengan mitranya. Hal tersebut tentunya dapan menghambat usahan dan merugikan diri sendiri. Meskipun kerjasama yang dibangun adalah dalam jangka waktu pendek, berikan perlakuan yang bagus terhadap rekan Anda.

Macam-Macam Cara Menjalin Hubungan dengan Mitra Bisnis

Pada dasarnya, kesuksesan Mitra bisnis juga merupakan kesuksesan bagi anda. Kecakapan dan kemampuan yang dimiliki mitra juga dapat meningkatkan hasil yang ditargetkan. Oleh karena itu, kerjasama yang baik harus dilakukan agar bisnis dapat terus berkelanjutan dan menghasilkan keuntungan bagi semua pihak. Berikut ini macam-macam cara menjalin hubungan dengan Mitra bisnis yang dapat ada lakukan:

  1. Komunikasi
    Bukan hanya dalam menjalin hubungan dengan Mitra bisnis, menjalin komunikasi sangatlah penting dalam segala aspek kehidupan. Komunikasi yang baik dapat mempererat hubungan dan memperdekat jarak antara anda dengan mitra bisnis. Komunikasi juga merupakan jalan terbaik untuk menemukan solusi dalam suatu permasalahan.
    Hendaknya, komunikasi ini dijaga dengan sungguh-sungguh meskipun tidak bertemu secara langsung. Memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti handphone dan internet dapat mempermudah Anda dalam menjalin komunikasi jarak jauh.
  2. Kepercayaan
    Tanpa adanya rasa saling percaya, hubungan dengan Mitra bisnis dapat mengacaukan bisnis secara tidak langsung. Curiga satu sama lain karena tidak adanya kepercayaan dapat memicu perpecahan dalam bisnis. Untuk itu, Anda harus berusaha untuk percaya pada Mitra bisnis. Namun, sebelumnya Anda juga harus selektif untuk bermitra dengan orang yang tepat sehingga Anda dapat memberikan kepercayaan pada orang tersebut.
    Sebaliknya, Anda juga harus menjadi orang yang dapat dipercaya oleh Mitra bisnis Anda. Jangan lakukan hal-hal curang yang dapat membuat Mitra bisnis ragu pada Anda.
  3. Sabar dan tidak berkata kasar
    Ada kalanya, mitra bisnis melakukan kesalahan secara tidak sengaja atau terdapat kekurangan-kekurangan tertentu. Agar hal tersebut tidak terjadi kembali, Anda perlu memberitahu dan menjelaskan dengan cara yang bijak. Jangan sampai mengeluarkan kata-kata yang menyinggung mitra bisnis Anda. Bersabar adalah cara yang bisa dilakukan. Beritahukan dengan baik-baik agar bisnis dapat tetap berjalan seperti yang semestinya.
  4. Kekeluargaan
    Anggaplah Mitra bisnis Anda sebagai keluarga sendiri. Bantu mereka jika terdapat masalah-masalah dalam menjalankan tugas di bisnis tersebut. Bahkan, Anda juga harus peduli dengan mereka di luar urusan bisnis. Hal ini dapat mempererat hubungan dengan Mitra bisnis karena tidak ada batasan yang menghalangi keakraban.
  5. Utamakan kepentingan bersama
    Jangan sekalipun untuk memikirkan keuntungan sendiri. Memang dalam berbisnis, keuntungan menjadi priorias utama. Namun, bisnis anda juga tidak akan berjalan tanpa adanya mitra maupun klien. Pastikan untuk memikirkan kepentingan bersama-sama sehingga tidak ada salah satu pihak yang dirugikan.

Itulah beberapa cara menjalin hubungan dengan mitra bisnis yang dapat segera Anda lakukan. Ingatlah bahwa kesuksesan Anda terkait erat dengan Mitra bisnis. Dengan begitu, klien juga dapat merasakan dampaknya. Kesuksesan klien merupakan pertanda kesuksesan bagi Anda. Klien tentunya akan tetap melanjutkan kerja sama jika sudah merasa puas dengan hasil kerja Anda.

Comments

comments

Tags: , , ,

Related to Tips Ampuh Cara Menjalin Hubungan dengan Mitra Bisnis