Kebijakan Menteri Susi Didemo Nelayan

Post On: 26 September 2017
By:
In: Viral
September 26, 2017

Masih ingatkah anda dengan Susi Pujiastuti? Namanya sempat melambung sebagai satu-satunya menteri dengan latar pendidikan sebatas Sekolah Menengah Pertama. Meskipun begitu, Menteri Perikanan dan Kelautan itu telah sukses dalam usaha perikanan dan penerbangan yang dimilikinya. Saat ini, namanya kembali menghiasi media Indonesia. Menteri Susi didemo nelayan lagi setelah sekian tahun menjabat sebagai menteri.

Selama menjabat sebagai menteri, sudah banyak langkah dan tindakan yang dilakukan Susi Pujiastuti dalam pembangunan maritim di negeri ini. Salah satu yang pernah hangat diperbincangkan adalah keberanian menteri berpenampilan nyentrik ini dalam memberantas illegal fishing.

Ia tidak ragu-ragu memerintahkan untuk menenggelamkan kapal asing yang membawa ikan dari perairan Indonesia tanpa izin. Hal tersebut membuat menteri Susi Pujiastuti mendapat banyak pujian dari berbagai pihak baik dari pemerintah maupun masyarakat umum..
Meskipun begitu, bukan kali ini saja Menteri Susi didemo nelayan yang tidak setuju dengan kebijakan yang telah diberlakukannya. Salah satu masalah yang masih meresahkan para nelayan adalah dilarangnya penggunaan alat tangkap ikan cantrang.

Cantrang adalah sebuah alat tangkap ikan. Nelayan biasanya menggunakan cantrang untuk mencari ikan di dasar perairan. Menteri Susi melarang penggunaan cantrang karena alat tersebut tidak ramah lingkungan. Ia cemas bila sapuan cantrang dapat merusak lingkungan di dasar laut. Penggunaan cantrang dapat membuat ikan-ikan yang masih kecil ikut mati, terumbu karang serta kehidupan laut lainnya juga akan rusak. Artinya, kebijakan tersebut bertujuan untuk menjaga ekosistem perairan laut Indonesia.

Salah satu langkah yang diambinya adalah dengan melakukan kegiatan perikanan yang ramah lingkungan. Hal tersebut dapat membuat dunia kelautan Indonesia dapat tetap terjaga dan lestari. Selain itu, sumber daya dari laut juga tersedia dalam waktu yang panjang.
Kerusakan habitat laut memang menjadi isu serius saat ini. Pemerintah berusaha untuk memperbaiki ekosistem laut dengan membuat beberapa kebijakan.
Namun, dilarangnya penggunaan alat tangkap ikan cantrang ini dirasa memberatkan para nelayan. Mereka sudah menggunakan alat tersebut dari waktu yang lama dan beranggapan bahwa cantrang bukanlah alat yang merusak. Para nelayan juga tidak menangkap ikan dengan cantrang di lokasi terumbu karang.

Kementerian Kelautan dan Perikanan memang sudah member pengaharan mengenai alat tangkap alternatif sebagai pengganti cantrang. Namun hingga sekarang, nelayan merasa alat tangkap alternatif tersebut bukanlah solusi yang tepat bagi mereka. Mayoritas nelayan di Indonesia memang hidup di bawah garis kemiskinan. Para nelayan beralasan bahwa penggantian alat tangkap ikan tersebut memerlukan uang yang tidak sedikit. Akibatnya, banyak nelayan yang tidak bisa mencari nafkah.
Oleh karena itu, ratusan nelayan yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Indonesia (ANI) menggelar demonstrasi secara damai di depan pintu masuk Monumen Nasional, jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada hari selasa (11/7) lalu. Aliansi Nelayan Indonesia menyuarakan agar Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pujiastuti mundur dari jabatannya. Sebelumnya, media sosial terutama twitter juga sempat diramaikan dengan tagar #gantimenterisusi.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pujiastuti lebih mengindahkannya perintah Presiden Joko Widodo yang melarang dirinya untuk mengeluarkan energi dalam mengurus persoalan cantrang. Lagi pula, demo bukan hal asing lagi bagi wanita tersebut. Menteri Susi didemo nelayan hampir setiap tahunnya. Kali ini, ia beranggapan bahwa perpanjangan masa transisi peralihan alat tangkap dari cantrang ke alat yang lebih ramah lingkungan dapan menjadi solusi.

Comments

comments

Tags: , , , , , ,

Related to Kebijakan Menteri Susi Didemo Nelayan